VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

Penulis : Administrator
Tanggal :02 Maret 2016

A. VISI

“PENDIDIKAN BERKUALITAS DALAM IMTAQ DAN IPTEK,

BERJATIDIRI BANGSA, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP”


B. INDIKATOR VISI

  1. TERWUJUD DAN MENINGKATNYA KEIMANAN DAN KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA;
  2. TERBENTUKNYA SIKAP DISIPLIN, AKHLAK MULIA, DAN BERKEPRIBADIAN BANGSA;
  3. DAYA SERAP PESERTA DIDIK SETIAP SEMESTER SELALU MENINGKAT;
  4. PEROLEHAN RATA-RATA NILAI UJIAN NASIONAL SELALU MENINGKAT;
  5. PERINGKAT HASIL UJIAN NASIONAL TIAP MATA PELAJARAN MINIMAL PERINGKAT 3 TINGKAT KABUPATEN;
  6. JUMLAH LULUSAN YANG DITERIMA PTN/PTS FAVOURIT SETIAP TAHUNNYA MENINGKAT;
  7. BERPRESTASI DALAM BIDANG AKADEMIK DAN NONAKADEMIK, BAIK TINGKAT KABUPATEN, PROVINSI, DAN ATAU TINGKAT YANG LEBIH TINGGI;
  8. TERWUJUDNYA KERJASAMA YANG EFEKTIF DAN SINERGIS DARI SEGENAP WARGA SEKOLAH;
  9. TERWUJUDNYA LINGKUNGAN SEKOLAH SEHAT, SEJUK, RINDANG, INDAH DAN NYAMAN.


C.MISI

1.MENINGKATKAN KUALITAS KEIMANAN, KETAQWAAN DAN PEMBINAAN AKHLAK MULIA YANG TERINTEGRASI DALAM SEMUA AKTIVITAS PEMBELAJARAN;

2.MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF,DAN MENYENANGKAN SESUAI KURIKULUM YANG BERLAKU;

3.MENINGKATKAN PEMBINAAN PRESTASI DAN BAKAT DI BIDANG AKADEMIK DAN NONAKADEMIK MELALUI KEGIATAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER;

4.MENANAMKAN DAN MENERAPKAN KEPRIBADIAN DAN NILAI-NILAI LUHUR BANGSA, SERTA CINTA TANAH AIR;

5.MENINGKATKAN TERLAKSANANYA PERATURAN SEKOLAH SECARA OPTIMAL;

6.MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA/PRASARANA PEMBELAJARAN MEMADAI SESUAI TUNTUTAN PERUBAHAN KURIKULUM MAUPUN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI;

7.MEMBANGUN KOMUNIKASI DAN KOORDINASI YANG EFEKTIF DENGAN SEGENAP WARGA SEKOLAH GUNA MENDUKUNG DAN MENUNJANG TERLAKSANANYA PROGRAM SEKOLAH;

8.MENCIPTAKAN IKLIM KONDUSIF DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN SESUAI TUPOKSI KOMPONEN SEKOLAH;

9.MEWUJUDKAN INSAN PEMBANGUN LINGKUNGAN HIDUP YANG PEDULI MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN FUNGSI LINGKUNGAN, SERTA MENCEGAH PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP.

D. TUJUAN

1. TUJUAN UMUM


“MENINGKATKAN KECERDASAN, PENGETAHUAN, KEPRIBADIAN, AKHLAK MULIA, SERTA KETERAMPILAN UNTUK HIDUP MANDIRI DAN MENGIKUTI PENDIDIKAN LEBIH LANJUT”

2. TUJUAN KHUSUS

1.MEMPERKUAT DAN MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAK MULIA DAN BERIMAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA;

2.MENINGKATKAN KECERDASAN PESERTA DIDIK YANG MELIPUTI KECERDASAN SPIRITUAL, PENGETAHUAN, EMOSIONAL, DAN SOSIAL;

3.MENINGKATKAN DAN MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI ERA GLOBAL;

4.MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NONAKADEMIK PESERTA DIDIK;

5.MENINGKATKAN DAN MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KETERAMPILAN MEMADAI DI BIDANG PENGETAHUAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SESUAI TUNTUTAN GLOBALISASI;

6.MENINGKATKAN DAN MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG MAMPU MEMECAHKAN MASALAH KESEHARIAN DENGAN MEMANFAATKAN KEMAMPUAN TIK;

7.MEMPERKUAT DAN MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERKEPRIBADIAN DAN BERKARAKTER BANGSA;

8.MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK BERPIKIR KRITIS, INOVATIF, KREATIF, KOLABORATIF, DAN KOMUNIKATIF DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN;

9.MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DALAM MENJAGA DAN MEMELIHARA FUNGSI LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.

E.  STRATEGI

1.STANDAR ISI

1).   MENYELENGGARAKAN  KEGIATAN  IHT DAN SEJENISNYA BAGI PARA GURU DAN KARYAWAN GUNA MEMPEROLEH PEMAHAMAN MEMADAI TENTANG KURIKULUM YANG BERLAKU,

2.)   MELAKSANAKAN KURIKULUM YANG BERLAKU SEBAGAI KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM

3).   MENYUSUN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN  DENGAN BERPEDOMAN PADA KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM YANG BERLAKU

4).   MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN BAGI PESERTA DIDIK DENGAN BEBAN BELAJAR MEMADAI SESUAI KURIKULUM YANG BERLAKU

5).   MENYUSUN KALENDER PENDIDIKAN UNTUK ACUAN PENYELENGGAAN PENDIDIKAN

6).   MENGEMBANGKAN KURIKULUM  TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN  KURIKULUM

7).   MINGGU EFEKTIF DALAM  SATU TAHUN  PELAJARAN (DUA SEMESTER) ADALAH 34-38 MINGGU.

8).   ALOKASI  WAKTU SATU  JAM  PEMBELAJARAN ADALAH 45 MENIT

 

2.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

1).   MENYELENGGARAKAN KEGIATAN BEDAH SKL BAGI GURU GUNA MEMPEROLEH PEMAHAMAN MEMADAI TENTANG MATERI PEMBELAJARAN

2).   MENYELENGGARAKAN PROSES PEMBELAJARAN SESUAI STRUKTUR KURIKULUM YANG BERLAKU

3).   STRUKTUR KURIKULUM SMA 2013 MELIPUTI :

a.KELOMPOK MATA PELAJARAN WAJIB TERDIRI:

(1). KELOMPOK A MELIPUTI MATAPELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA, PKn, B. INDINESIA, MTK, SEJARAH, DAN B. INGGRIS

(2). KELOMPOK B MATA PELAJARAN: SENI BUDAYA (TERMASUK MUATAN LOKAL B. JAWA), PENJASORKES, PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

b.KELOMPOK MATA PELAJARAN PEMINATAN TERDIRI DARI:

(1). PEMINATAN MTK DAN SAINS (MIA) MELIPUTI MATA PELAJARAN: MTK, BIOLOGI, FISIKA DAN KIMIA

(2). PEMINATAN SOSIAL MELIPUTI MATA PELAJARAN: GEOGRAFI, SEJARAH, SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI, EKONOMI

c. MATA PELAJARAN PILIHAN DAN ATAU PENDALAMAN

PILIHAN LINTAS MINAT MENGAMBIL 1 ATAU 2 MATA PELAJARAN PROGRAM PEMINATAN YANG BERBEDA.

4).   BEBAN BELAJAR:

a.KELAS X 44 JAM BELAJAR

b.KELAS XI 46 JAM BELAJAR

c. KELAS XII 46 JAM BELAJAR

 

3.STANDAR PROSES

1)MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN SILABUS SESUAI KURIKULUM YANG BERLAKU

2)MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN RPP, BAHAN AJAR, DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM YANG BERLAKU

3)MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN MENERAPKAN KONSEP PEMBELAJARAN:  PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM)

4)MENERTIBKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SELURUH GURU

5)MENYELENGGARAKAN PROGRAM REMIDIAL DAN PENGAYAAN SECARA TERPROGRAM DAN BERKESINAMBUNGAN

6)MEWUJUDKAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SETIAP  MATA PELAJARAN DI ATAS KKM NASIONAL

7)JUMLAH PESERTA DIDIK SETIAP ROMBONGAN BELAJAR MAKSIMAL 32 PESERTA DIDIK

8)BEBAN KERJA GURU DALAM 1 MINGGU  MINIMAL 24 JAM DAN MAKSIMAL 40 JAM, MENCAKUP KEGIATAN POKOK, YAITU; MERENCANAKAN PEMBELAJARAN, MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN, MEMBIMBING DAN MELATIH PESERTA DIDIK, DAN MENILAI HASIL PEMBELAJARAN, SERTA MELAKSANAKAN TUGAS TAMBAHAN

9)MENYEDIAKAN BUKU TEKS PELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK DENGAN RASIO 1:1 PER MATA PELAJARAN, DAN MELENGKAPINYA DENGAN BUKU PANDUAN GURU, BUKU REFERENSI, DAN SUMBER BELAJAR LAINNYA

10)    PEMANTAUAN / SUPERVISI PROSES PEMBELAJARAN DILAKUKAN OLEH KEPALA SEKOLAH/PENGAWAS MELIPUTI TAHAP PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN HASIL PEMBELAJARAN.

11)    MENYELENGGARAKAN EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN GUNA MENENTUKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

12)    MENYEDIAKAN PERANGKAT DAN DOKUMEN KURIKULUM

 

4.STANDAR PENILAIAN

1)MENYUSUN PEDOMAN PENILAIAN YANG BERLAKU

2)MENETAPKAN PROSEDUR PENILAIAN YANG MENGATUR TRANSPARANSI SISTEM PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR DAN MENYOSIALISASIKANNYA

3)MENETAPKAN PETUNJUK PELAKSANAAN OPERASIONAL YANG MENGATUR MEKANISME PENYAMPAIAN KETIDAKPUASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN PENYELESAIANNYA

4)MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENILAIAN BERDASARKAN KURIKULUM  YANG BERLAKU

5)MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN PENILAIAN OLEH PARA GURU DALAM KEGIATAN IHT

6)MENERTIBKAN ADMINISTRASI PENILAIAN PARA GURU

7)MENYIAPKAN SEPERANGKAT METODE PENILAIAN YANG DIGUNAKAN SECARA TERENCANA UNTUK ULANGAN HARIAN, ULANGAN TENGAH SEMESTER, ULANGAN AKHIR SEMESTER, DAN UJIAN.

8)MENYEDIAKAN INSTRUMEN PENILAIAN BAIK PENILAIAN PENGETAHUAN, KETRAMPILAN MAUPUN SIKAP

9)MENDOKUMENTASIKAN SECARA SISTEMATIS PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN MENGOLAHNYA GUNA  MENGETAHUI PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR DARI WAKTU KE WAKTU

10)  MELAPORKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KEPADA ORANG TUA, KOMITE SEKOLAH DAN INSTANSI SEKOLAH DI ATASNYA

 

5.STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

1)MENYUSUN PROGRAM PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

2)MENGEMBANGKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SESUAI DENGAN KOMPETENSINYA

3)MENENTUKAN PEMBAGIAN TUGAS BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SESUAI DENGAN KOMPETENSINYA

4)MENENTUKAN SISTEM PENGHARGAAN SETIAP PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN YANG BERPRESTASI

5)MENYELENGGARAKAN PROGRAM PEMBINAAN BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SECARA BERKESINAMBUNGAN

6)MENDORONG PENINGKATAN KOMPETENSI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

7)MENGIKUTSERTAKAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN, WORKSHOP DAN LAIN-LAIN




Sebelumnya : Seminar Kebangsaan